close

Iklan

Iklan

Atlet Olimpiade Dengan Umur Tertua Hingga Saat Ini

Admin
21 July 2021, 07:03 WIB Last Updated 2022-03-17T03:12:19Z



Olimpiade merupakan pesta olahraga dunia yang mengadu antar negara dalam berbagai cabang olahraga, ini menjadi ajang gengsi negara-negara di dunia untuk menunjukkan eksistensinya di bidang olahraga sejak tahun 1896 dimana olimpiade pertama kalinya digelar.

Setiap negara akan mengirimkan atlet terbaiknya untuk memenangkan pesta ini, tercatat oleh sejarah ada sebuah negara yang pernah mengirimkan atlet dengan usia tertua serta berhasil meraih medali.

Siapakah dia?

Oscar Swahn Olimpiade 1912 Swedia

Adalah Oscar Swahn berusia 60 tahun saat mengikuti olimpiade london tahun 1908 dan berhasil menyabet medali emas dicabang menembak. Dikutip dari wikipedia atlet dengan nama lengkap Oscar Gomer Swahn adalah penembak Swedia yang berkompetisi di tiga pertandingan Olimpiade (Tahun 1908 di Inggris, Tahun 1912 di Swedia,Tahun 1920 di Belgia) dan memenangkan enam medali, termasuk tiga emas.


Swahn memegang rekor sebagai Olimpiade tertua pada saat kompetisi, orang tertua yang memenangkan emas, dan orang tertua yang memenangkan medali Olimpiade.

Sedangkan di tahun 1924 Oscar dinyatakan lolos pada pagelaran 4 tahunan tersebut, namun mengundurkan diri dan tak mengikuti satupun perlombaan.

Oscar tutup usia pada 1 Mei 1927 diusia 79 tahun dan masih memegang record atlet dengan usia tertua hingga saat ini.

Baca Juga Atlet Angkat Besi Uganda Menghilang di Jepang

Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+