close

Iklan

Iklan

Apa Saja Sih Hak Dan Kewajiban Peserta Praktek Kerja IM Japan

Admin
22 August 2020, 14:26 WIB Last Updated 2022-03-17T03:12:19Z

Hai jo, Assalamualaikum, Konnichiwa..
Makasih udah dateng lagi di blog sederhana ini

Konkaiwa saya akan membahas tentang hak dan kewajiban peserta praktek kerja di Jepang

Nahh keren kann, namanya dimana ada hak pasti ada kewajiban yang harus dipenuhi terlebih dahulu

Ini semacam hukum aksi reaksi yang dimana ketika melakukan aksi maka akan ada reaksi yang akan kita terima

Yaudah gausah panjang openingnya hehe
Langsung aja kita bahasa
Kita mulai dari kewajiban seorang pekerja asal Indonesia di Jepang

Kewajiban peserta praktek kerja secara garis besar itu ada 4 poin

Baca Juga : Aplikasi Untuk Menghafal Keiyoushi


1. Menjaga nama baik Bangsa dan Negara serta Keluarga.

Artinya kita sebagai peserta praktek kerja harus menjaga nama baik Bangsa, Negara dan Keluarga selama menjalan masa praktek kerja, karena setiap kita yang berada di Negeri orang tidak dikenal kita berasal dari desa atau kelurahan mana. 

Tapi, kita dikenal dengan asal darimana negara kita berasal. Ketika sesuatu hal buruk yang kita lakukan pasti yang akan dikenali lebih dulu adalah negara asalnya. Lantas bagaimana dengan keluarga, keluarga tentu saja merasa malu atas perbuatan kita yang mencoreng nama baik dimata kerabat dan rekan rekannya.

2. Mematuhi peraturan yang berlaku di Jepang (diperusahaan atau tempat lainnya),

disini kita harus menghormati hukum dimana kita berada. Dimana langit dijunjung maka disitulah bumi dipijak. Hukum dinegara kita tentu berbeda dengan yang ada di Jepang, maka kita wajib mematuhi seluruh peraturan yang ada.

3. Menyelesaikan program selama 3 Tahun atau 5 tahun dengan baik, 

dikarenakan masa kontrak kerja kita selama 3 tahun dan/atau 5 tahun yang diperpanjang oleh perusahaan.  Kita sebaiknya menghindari hal hal buruk yang akan kita dapati, seperti ajakan untuk meninggalkan pekerjaan dan mencari pekerjaan lain yang tidak diatur oleh program. 

Melarikan diri tentu sangat banyak terjadi, namun hal ini bukanlah tindakan yang baik karena akan banyak masalah yang muncul, mulai dari di masukannya desa/kelurahan asal kita tinggal ke dalam daftar hitam yang tidak diijinkan mengikuti perekrutan sebelum yang melarikan diri kembali ke tanah air, hak asuransi kesehatan dan status peserta praktek akan dihapuskan ketika melarikan diri, akan diburu oleh polisi jepang karena status Ilegal. Jadi sebelum bertindak harap dipikirkan lebih baik lagi.

4. Kembali ke tanah air (Indonesia), setelah masa praktek kerja berakhir kita wajib kembali ketanah air. Aturan tidak akan mentolerir entah kalian sudah punya kekasih ataupun pasangan resmi di jepang. Peserta harus pulang ke tanah air terlebih dahulu.

Nahh itu jo, kewajiban yang harus kita penuhi jika mau mengikuti program ini. Cukup simple tapi sebenarnya ini adalah hal sulit yang harus dilakukan bagi mereka yang tidak mampu konsisten dalam kehidupannya

Sedangkan hak yang akan kita dapat antara lain

1. Mendapat fasilitas yang disediakan sesuai ketentuan IM Japan (akomodasi dan transportasi), fasilitas penunjang nantinya akan disediakan seperti tempat tinggal, asuransi, transportasi. Tapi jangan senang dulu, semua itu dipotong dari gaji yang akan kita terima nantinya. Tapi ga banyak kok jo, namanya juga negara besar, pasti banyak dong potongan dan pajaknya. 

2. Mendapat uang saku dan tunjangan selama mengikuti program praktek kerja. nah ini sebenarnya hanya istilah aja uang saku, tapi nyatanya kita tetap menganggapnya gaji. Untuk gaji sendiri berbeda beda tergantung jenis kerja dan ketentuan perusahaannya. Terus ada tunjangan lemburnya juga sihh. Kalaupun ditotal gaji yang kita dapat diatas rata rata UMR yang ada di Indonesia kok.

3. Mendapatkan perlindungan asuransi kecuali sakit gigi dan sakit bawaan yang diderita sebelum tiba dijepang. Maksudnya adalah kita mendapat jaminan asuransi yakni kesehatan, keselamatan kerja dan lain-lain. Tapi jangan sampai sakit gigi yahh.. itu tidak ditanggung karena perawatan gigi dijepang sangat mahal. Makanya dari sekarang rawatlah gigi kalian ya jo.. yang bolong misal masih bisa ditambal ya ditambal.

Itu dia jo hak dan kewajiban sebagai peserta praktek di jepang

Bagi kalian yang minat harus mempersiapkan semuanya dari sekarang yah

Tetap semangat, tetap sehat dan jangan gila

Ini hanya dunia kok

Jaa mata 

Baca Juga : Artikel Keren Tentang Jepang

Jangan lupa ikuti sosial media saya ya

Ig : @jokkajo_

Youtube : Jokka Jo

Pixabay.com



Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+