close

Iklan

Iklan

Di Jepang, Benarkah Uang Koin Banyak Ditemukan Dibawah Mesin Penjual Otomatis..?

Admin
21 March 2021, 13:00 WIB Last Updated 2022-03-17T03:12:19Z

Bismillah, Assalamualaikum

Jokkajo - Hai Jo, Konnichiwa
konkaiwa (kali ini) saya menulis tentang hal unik diluar dugaan yang sering terjadi di Jepang dan jika dibandingkan di negara Kita Indonesia hal ini hampir-hampir tidak sering terjadi. 
Foto : Tangkapan Layar Video YT Angga Regar / Uang Koin ditemukan di bawah Mesin Penjual Otomatis
Yaitu sering ditemukannya uang recehan berupa uang koin di bawah jidouhanbaiki atau vending machine atau dalam bahasa Indonesia berarti mesin penjual otomatis. 
Foto : pixabay.com/Mesin Penjual Otomatis
Mesin penjual otomatis yang menjamur di seluruh Jepang bukan tanpa alasan, melainkan karena orang Jepang sangat menyukai sesuatu yang praktis atau yang mudah untuk dilakukan.
Foto : pixabay.com/Mesin Penjual Otomatis
Dikutip dari nexs.co.id dalam artikelnya yang membahas Jidouhanbaiki, di Jepang setidaknya terdapat 5.52 Juta mesin penjual otomatis yang bertebaran di kota maupun desa di seluruh Jepang, bahkan hingga ke kaki gunung Fuji pun terdapat mesin penjual otomatis. Keteraturan kehidupan masyarakat Jepang membuat mereka tidak merusak fasilitas mesin penjual otomatis yang ada, sekalipun tidak pengawasan kamera tersembunyi.
Mesin penjual otomatis di Jepang tidak hanya menjual minuman saja, tapi juga menjual produk lainnya seperti pisang, semangkuk mie hangat, telur, beras atau bahkan T-shirt. Yang lebih mencengangkan menjual bra atau pakaian khusus wanita tersebut di mesin penjual otomatis.

Tapi pada tulisan kali saya tidak membahas secara spesifik tentang barang yang dijual di mesin penjual otomatis Jepang, kita kembali ke topik awal yakni banyak ditemukan uang koin di bawah atau kolong mesin penjual otomatis. Loh kok bisa?

Seorang youtuber dengan nama Channel Angga Regar dalam videonya memperlihatkan adanya koin yang berserakan di bawah mesin penjual otomatis, hal ini disebabkan karena pada saat memasukan uang ke dalam mesin penjual otomatis untuk membeli produk di dalamnya atau pada saat mengambil otsuri atau uang kembalian sering kali uang koin tersebut jatuh dan menggelinding ke bawah mesin. 
Foto : Tangkapan layar video youtube Angga Regar/Uang Koin Pecahan 50 Yen dan 10 Yen
Oleh karena banyak orang Jepang yang tidak bisa jongkok untuk mengambil uangnya, makanya uang yang jatuh tersebut dibiarkan saja dan tidak diambil lagi. Karena hal ini sering terjadi mengakibatkan banyak uang koin yang berserakan di bawah mesin penjual otomatis, tapi ada juga sebagian mereka yang bisa jongkok atau merangkak tetap mengambil uangnya kembali.

Saya memastikan hal ini kepada nihonjin atau orang Jepang yang saat ini bekerja di Indonesia, lewat pesan singkat Whatsapp saya bertanya kepada beliau apakah hal ini benar sering terjadi di Jepang. Ini jawabannya

Foto : tangkapan layar percakapan whatsapp 
おはよう☺️

ブログで? すごいですね!
じどうはんばいきの下に硬貨(こうか uang logam)がたくさんあるという話しははじめてききました。
もしちかくならひろいますよね。
たぶん手がのばせない奥(おく dalam)のほうに、お金がころがっていったんだと思います。
硬貨も10円から500円までいろいろですから、落ちているのは、10円じゃないかな。500円ならおくのほうでもがんばってとると思います。

Yang pada intinya beliau menjelaskan bahwa beliau pun baru tahu kalau hal ini sering terjadi di Negaranya, kemungkinan karena uang yang jatuh itu menggelinding sampai ke dalam dan sulit untuk dijangkau makanya dibiarkan saja, tapi jika uang yang jatuh adalah uang 500 yen yang jika dikonversi ke Rupiah sekitar Rp. 60.000 jatuh ke bawah mesin penjual otomatis maka akan tetap diambil sebisa mungkin.

Untuk kalian orang Indonesia yang mau nyoba mulung uang koin di Jepang, boleh tuh ngintip ke bawah mesin penjual otomatis di sana. Tapi jangan berharap dapat uang dengan pecahan besar yah

Ja owari desu
Mata tsugi no sakubun ne

Baca Juga :

Penjelasan tentang Ojigi


Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+