close

Iklan

Iklan

Ada Apa Dengan Aplikasi WA? Kamera ngeZoom Sendiri, Ini Cara Memperbaiki

Admin
19 July 2021, 13:18 WIB Last Updated 2022-03-17T03:12:19Z


Assalamualaikum

Hai jo
Kalian pasti salah satu pengguna Aplikasi chat whatsapp (WA) bukan? Sempat bingung dengan kamera WA yang ketika dipakai malah ngezoom dengan sendirinya ya?

Ternyata itu bukan hanya dialami oleh 1 orang pengguna saja, tapi banyak pengguna yang melaporkan hal yang sama. Alhasil kita kesulitan jika harus mengambil gambar dengan kamera WA untuk keperluan tertentu.

Terdapat beberapa artikel yang telah mengulas cara memperbaiki hal tersebut, diantaranya

1. Menghapus Cache aplikasi, dinilai chace aplikasi WA yang penuh mengakibatkan proses aplikasi menjadi terganggu dan kamera tidak berjalan normal.
Cache sendiri adalah data yang disimpan sementara di HP selama kalian menggunakan aplikasi tersebut.
Untuk cara untuk menghapus cache WA adalah
▷Buka Setingan HP kalian yang biasanya ditandai dengan icon gear atau bertuliskan setingan/pengaturan
▷Pilih setelan aplikasi
▷Pilih kelola aplikasi
▷Cari aplikasi WA dan klik icon WA
▷Hapus data, disini terdapat pilihan untuk menghapus cache atau menghapus data, maka kita pilih menghapus cache atau bersihkan cache
Sebagian orang berhasil menghilangkan eror di WA dengan menghapus cache.

2. Restart Handphone, cara berikut yang bisa dicoba adalah dengan merestart hp kita yang terlalu sering digunakan sehingga pengoptimalan proses sistem menjadi terhambat.

3. Update Aplikasi, Setiap aplikasi android atau ios pasti sering dilakukan update terhadap fitur-fitur yang ada dalam aplikasi atau perbaikan terhadap eror yang sering terjadi. Nah dengan mengupdate aplikasi WA yang ada pada HP kita kemungkinan bisa mengoptimalkan penggunaan aplikasi WA dengan normal.

4. Menghapus Data Aplikasi,  untuk cara ini saya rasa terlalu disayangkan karena data WA seperti Foto, dokumen, VN dan Chat yang ada dalam aplikasi kita harus dihapus. Tapi kita bisa mencadangkan data kita terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.
Cara mencadangkan data WA adalah
▷Buka Aplikasi WA
▷Klik 3 titik di pojok kanan atas aplikasi
▷Klik Chat
▷Pilih Cadangan Chat
▷Klik Cadangkan

Setelah dicadangkan baru kita bisa mengambil langkah yang terakhir ini yaitu dengan menghapus data aplikasi.

Saya telah mencoba semua cara diatas namun aplikasi WA saya masih tetap ngeZoom dengan sendirinya, tapi di beberapa pengguna berhasil melakukannya dan tidak ngeZoom secara otomatis lagi.

Sedangkan untuk cara paling terakhi belum saya coba karena terlalu beresiko terhadap data penting yang kita miliki, yaitu dengan mengatur setelan pabrik di HP kita sehingga semua setelan yang telah ada sebelumnya akan hilang. Pada kondisi ini HP benar-benar seperti saat pertama kali dibeli jo.

Tapi bagi yang sudah mencoba cara terakhir dan tidak berhasil, berarti bisa dipastikan terdapat eror pada sistem WA yang belum selesai diperbaiki oleh pengembang aplikasi.

Itu aja sedikit cara untuk masalah WA akhir-akhir ini, semoga dapat membantu.
Jaa.. owari desu

Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+