close

Iklan

Iklan

Miris,10 Anak Meninggal Setiap Menit Akibat Kelaparan

Admin
27 July 2021, 15:28 WIB Last Updated 2022-03-17T03:12:18Z


「Assalamualaikum」- Hai jo, pada artikel kali ini jokkajo.com kembali menghadirkan tulisan tentang fakta dunia dalam hal kesejahteraan dan kemanusiaan yang sering tersisihkan oleh pemberitaan media, karena dianggap adalah sesuatu yang kurang menarik untuk di suguhkan kepada khalayak ramai.

Mari berbagi untuk membuka mata hati orang berlebih harta untuk peduli kepada sesama, data dunia yang dikeluarkan oleh ourworldindata pada situs mereka bahwa terdapat 5.4 juta kematian anak setiap tahun atau setiap 1 menit ada 10 anak yang meninggal sebelum mereka berumur 5 tahun.

Meninggalnya manusia dalam prinsip keagamaan adalah sesuatu yang menjadi takdir setiap manusia, kapan dia meninggal, bagaimana dia meninggal dan dimana dia meninggal.

Meninggalnya anak-anak yang kurang dari umur 5 tahun atau dalam kata lain kurang dari 5 tahun untuk melihat kejamnya dunia, terlepas dari kematian karena bencana yang melanda dunia saat ini akibat pandemi corona virus disease (Covid-19).

Tapi, karena masalah fundamental yang sering terjadi di negara-negara kecil dan miskin. Ialah Kelaparan yang menjadi pendorong kematian anak begitu tinggi. Berbanding terbalik dengan negara-negara maju dan kaya yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, sehingga keberlangsungan hidup bagi anak-anak cukup tinggi yaitu 99,8% atau peluang hidup yang cukup besar karena terbebas dari masalah kelaparan.
Lalu bagaimana dengan Indonesia negara kita tercinta, lihatlah grafik yang ditampilkan oleh situs ourworldindata dibawah ini

Foto : ourworldindata.org

Indonesia berada di posisi negara dengan pendapatan kurang dari 20.000 dolar per kapita dan berada di kisaran rata-rata dunia untuk kematian anak yang berumur kurang dari 5 tahun yakni 3,8%. Indonesia juga masuk pada kategori negara yang memiliki resiko kematian anak 25 kali dari kematian anak yang lahir di antartika sebagai benua terdingin di dunia.
Berikut grafik kematian anak berumur kurang dari 5 tahun yang ditampilkan oleh situs ourworldindata dengan rentang waktu  tahun 1838 sampai tahun 2016.
Grafik : Ourworldindata.org

Dari tahun ke tahun mengalami penurunan karena dampak ekspansi negara-negara besar ke negara kecil untuk mengambil keuntungan, hal ini yang dimanfaatkan oleh pribumi negara tersebut untuk mendapatkan hasil dari kerja sama atau dipekerjakan oleh negara besar.

Itulah sedikit tulisan untuk mengingatkan kita untuk terus peka terhadap lingkungan sekitar dan membantu sebisa mungkin permasalahan yang dihadapi oleh orang sekitar. Bagi seorang muslim memberi makan orang yang kelaparan lebih baik daripada membangun 1000 masjid, kemudian Imam Thabrani meriwayatkan hadits dari Nabi Muhammad SAW, Nabi bersabda "Barangsiapa memberi makan seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain". Keutamaan memberi makan yang sangat istimewa, maka jangan lewatkan keutamaan seperti ini. Teruslah berbuat baik.

Untuk mengakses situs ourworldindata bisa download di playstore atau klik Disini

Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+