close

Iklan

Iklan

Tata Krama Jepang Saat Makan

Admin
17 July 2021, 22:19 WIB Last Updated 2022-03-17T03:12:19Z

Photo by pixabay.com


Terdapat tata krama yang secara turun temurun diajarkan kepada generasi Jepang, terbilang sangat unik karena hal tersebut sangat berbeda dengan masyarakat Indonesia. Adapun beberapa table manner yang dilakukan adalah:

1. Makan dengan menggunakan mangkok dan menganggkatnya sampai di dekat mulut. Jika makan tidak melakukan hal serupa maka dianggap oleh masyarakat jepang tidak sopan dan seperti Anjing.


2.Jika menempatkan sumpit secara tegak di atas mangkok yang sudah berisi nasi, masyarakat Jepang menganggap bahwa makanan tersebut dipersembahkan bagi orang yang telah meninggal.


3. Menyeruput kuah makanan sampai terdengar slurp, hal tersebut merupakan bentuk pujian bagi masakan yang sangat enak.


4. Untuk makan sushi yaitu salah satu makanan khas Jepang yang benar adalah dengan mencelupkan ke dalam saus pada bagian yang terbuat dari nasi terlebih dahulu.


Orang Jepang biasanya memulai makan dengan mengucapkan ‘itadakimasu’ dan mengakhirinya dengan ucapan ‘gochisousamadeshita’ sambil menangkupkan kedua tangan di depan dada.


Ucapan ‘itadakimasu’ ini sebagai bentuk terima kasih kepada orang-orang yang berjasa telah membuat hidangan hingga siap dimakan. Hampir sama dengan ‘itadakimasu’, ucapan ‘gochisousamadeshita’ juga bermakna sebagai ungkapan terima kasih atau lebih tepatnya ungkapan syukur yang diucapkan pada penutup acara makan.


Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+