close

Iklan

Iklan

Efek BNI Syariah Migrasi Ke BSI, Withdraw BNI Sekuritas Gagal. Ini cara Mengatasinya

Admin
06 September 2021, 10:41 WIB Last Updated 2022-03-17T03:12:18Z


「Assalamualaikum」- Halo Jo, artikel kali ini jokkajo.com bermaksud membagikan tips bagi nasabah BNI Sekuritas  yang menggunakan rekening BNI Syariah sebagai rekening yang ditautkan dengan akun saham.

Artikel ini tentang pengalaman saya sebagai nasabah BNI Sekuritas yang kebetulan menautkan rekening BNI Syariah sebagai rekening tujuan withdraw atau pencairan dana, namun sudah tidak bisa digunakan lagi.

Nah karena adanya merger 3 Bank Syariah yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah, dan Bank BNI Syariah pada tanggal 1 Februari 2021 mengakibatkan beberapa efek kepada nasabah, mulai dari tidak dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh masing-masing Bank sampai transaksi transfer dan withdraw yang gagal dilakukan.

BNI Syariah yang melakukan auto migrasi ke BSI pada tanggal 9-10 Agustus 2021 langsung mengakibatkan nasabah tidak dapat menggunakan layanan yang ada, untuk melakukan withdraw dana di BNI Sekuritas selalu gagal karena adanya migrasi ini.

Bahkan untuk melakukan transaksi Sell pada aplikasi Bions tidak bisa dilakukan, transaksi selalu di reject dengan alasan transaksi tidak dikenali.

Saya kemudian menghubungi Customer Service BNI Sekuritas untuk mencari solusi dari permasalahan saya via email

Saya mengirimkan email ke cmm@bnisekuritas.co.id pada tanggal 1 September 2021 namun tidak mendapat balasan.

3 hari setelahnya atau pada tanggal 3 September 2021 saya mencari email customer service lainnya yaitu cs@bnisekuritas.co.id dan mengirimkan pertanyaan terkait permasalahan yang dihadapi. Saya menyarankan untuk mengirimkan email kesini.

1 jam kemudian saya langsung mendapat email balasan dari customercare@bnisekuritas.co.id yang memberikan bantuan pengkinian rekening

Saya diminta untuk mengisi form pengkinian data rekening perorangan BNI Sekuritas, mengirimkan fotokopi cover buku tabungan yang baru dan fotokopi KTP.

Pada halaman awal form pengkinian data rekening silahkan di isi Nama Lengkap, Nomor Rekening (saya menggunakan RDN), Kode Nasabah (saya mengisi dengan username), dan Single Investor Identity Number



Karena saya hanya melakukan pengkinian Rekening Bank, maka cukup mengisi kolom  perubahan rekening di halaman ke dua.

Terakhir di halaman ke tiga kita diminta untuk membubuhkan tanda tangan, nama lengkap dan tanggal pengajuan permohonan.

Saya mengirimkan semua file scan Lembar Pengkinian Data Rekening, foto kopi buku tabungan, dan fotokopi KTP dalam bentuk 1 bundel file PDF ke email directchannel@bnisekuritas.co.id pada tanggal 5 September 2021 pukul 19.57 WIB.

Keesokan harinya pukul 8.52 WIB saya mendapat balasan email yang berisi pemberitahuan bahwa saya akan mendapat telepon dari nomer yang tertera pada email sebagai konfirmasi perubahan data.

Setelah mendapat balasan email dari directchannel@bnisekuritas saya langsung membuka aplikasi Bions dan mengecek apakah sudah ada perubahan pada rekening, namun belum ada perubahan.

Saat pembukaan rekening efek saya diminta untuk menerima telepon dari nomer yang telah ditentukan untuk mengkonfirmasi data, namun tak kunjung mendapat telepon dan akun saya telah aktif.

Pada malam harinya sekitar pukul 18.47 saya mendapat telepon dari Customer Service BNI Sekuritas untuk menkonfirmasi perubahan data dengan menanyakan nama lengkap, nama ibu kandung, alamat email, nomor rekening yang akan diperbarui.

Setelah itu saya langsung mengecek aplikasi Bions dan Nomor Rekening saya telah diganti ke Bank yang dimaksud yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI)

Saya rasa sedikit cerita pengalaman mengubah data rekening dengan mengirimkan email sudah cukup, selamat mencoba
Semoga bermanfaat.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+