close

Iklan

Iklan

Microsoft Edge Saingan Baru dalam Dunia Browser, Ini Kelebihannya?

Admin
05 September 2021, 20:13 WIB Last Updated 2022-03-17T03:12:18Z


「Assalamualaikum」- Halo jo, kali ini jokkajo.com kembali menyuguhkan artikel yang berkaitan dengan kemajuan teknologi kontemporer dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia saat ini. artikel ini merupakan karya kontributor jokkajo.com, jadi bagi kalian yang ingin menjadi bagian dari jokkajo.com silahkan menghubungi saya di jokkajo23@gmail.com, saya sangat menghargai segala bentuk tulisan ilmiah maupun fiksi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Microsoft Edge? bingung kan, baca dulu aja artikelnya

Jika berbicara tentang browser, mungkin yang terlintas dalam pikiran kamu adalah Google Chrome atau Mozilla Firefox. Ya, kedua browser ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Tapi apakah kamu tahu bahwa Microsoft saat ini telah meluncurkan browserbaru yang kabarnya lebih baik dari versi lamanya (Internet Explorer), bahkan disebut sebagai saingan besar bagi Chrome dan Firefox? Ya, nama browser tersebut adalah Microsoft Edge.

Peralihan Internet Explorer ke Microsoft Edge

Microsoft telah meluncurkan browser versi terbaik mereka bernama Edge, sekaligus mengakhiri zaman Internet Explorer yang dinilai kurang mampu untuk bersaing dengan browser modern lain seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Mungkin sebagian besar dari kamu merasa kurang nyaman saat menggunakan Internet Explorer sebagai browser. Ya, penulis sendiri dulunya juga pernah mencoba browser rilisan Microsoft ini.

Internet Explorer disebut-sebut telah gagal memberikan pengalaman yang baik bagi penggunanya. Banyak pengguna memilih meninggalkannya dan beralih ke browseryang lebih bagus performanya seperti Chrome atau Firefox.

Walaupun browser Internet Explorer telah beberapa kali mengalami perbaikan, namun tetap saja usahanya tidak membuat pengguna untuk beralih lagi untuk menggunakannya. Sebab, nama Internet Explorer sudah terkesan kurang ramah di kalangan pengguna.

Microsoft harus memutar otak untuk membersihkan namanya. Maka pada tahun 2020 kemarin, Microsoft meluncurkan browser baru bernama Microsoft Edge.

Browser satu ini berkembang pesat di kalangan pengguna karena digadang-gadang sudah berbasis Chromium lho!

Bagi kamu yang baru dalam istilah Chromium ini, kamu bisa membaca informasinya melalui blog Wikipedia – Chromium.

Keunggulan Fitur Microsoft Edge

Microsoft tentunya menghadirkan fitur baru untuk menarik perhatian pengguna dan juga sebagai senjata andalan untuk bersaing dengan browsermodern lainnya seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Salah satu fitur unggulan Microsoft Edge yang menjadi senjata andalan adalah integrasinya dengan kecerdasan buatan Cortana dan mesin pencari Bing.

Dengan terintegrasinya dengan Cortana dan Bing, maka untuk melakukan pencarian dalam Microsoft Edge sudah tergolong sangat cepat. Berbeda jauh dari browser yang diliris oleh Microsoft sebelumnya, yakni Internet Explorer yang telah usang.

Desain User Interface (UI) atau tampilan halaman depannya pun kini terlihat sangat menarik. Bahkan, pihak Microsoft menghadirkan opsi kepada pengguna untuk bisa kostumisasi tema desain, sesuai selera dan minat si pengguna.

Tidak hanya tema, namun konten berita serta ukuran font juga turut bisa dikostumisasi oleh pengguna. Sangat keren, bukan?

Untuk detail lengkapnya, saya selaku kontributor dalam blog jokkajo.com telah merangkum beberapa fitur yang dihadirkan dalam Microsoft Edge dibawah ini.

1. Terhubung dengan Kecerdasan Buatan - Cortana

Fitur yang dihadirkan oleh Microsoft Edge yang akan kita bahas pertama kali ini adalah asisten pribadi cerdas yang berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Kecerdasan buatan tersebut diberi nama Cortana, fungsinya membantu pengguna dalam berbagai hal. Salah satu fungsi yang diberikan adalah pengguna bisa mencari sesuatu tanpa perlu mengetikkan kata kunci.

Kecerdasan buatan ini juga sudah terhubung dengan mesin pencarian bernama Bing. Sehingga, pengguna bisa melakukan pencarian melalui Bing dengan hasil yang sangat cepat.

Perlu kamu ketahui, fitur Cortana ini tidak langsung aktif begitu saja. Kamu harus mengaktifkan fitur ini dengan mengubah pengaturan ‘Advance Setting’ menjadi ‘Get Cortana to Assist me in Microsoft Edge’.

2. Kostumisasi Tema dan Tampilan

Tidak hanya menyediakan ftur kecerdasan buatan saja, Microsoft Edge menghadirkan fitur kostumisasi tema dan tampilan. Fungsi dari fitur ini tentu saja untuk membuat pengguna merasa nyaman dengan tema yang di kostum sendiri.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? Caranya cukup sederhana, dengan mengklik opsi ‘Pengaturan Halaman’ di halaman depan Microsoft Edge, lalu pengguna bisa bebas mengatur tampilan tema sesuai selera dan kesukaan.

Microsoft Edge pun menyediakan dua tema utama, yaitu tema gelap (dark mode) dan tema terang (light mode). Namun tidak menutup kemungkinan jika pihak Microsoft kedepannya akan menyediakan tambahan style tema lainnya sehingga pilihan tema lebih beragam. Selamat bereksplorasi!

Terima kasih sudah membaca, semoga harimu menyenangkan



Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+