close

Iklan

Iklan

Mulai Berbisnis? Jangan Lakukan Ini Agar Tidak Rugi

Admin
08 September 2021, 22:41 WIB Last Updated 2022-03-17T03:12:18Z


「Assalamualaikum」- Halo jo, Punya keinginan untuk memulai bisnis? Namun bingung harus melakukan apa terlebih dahulu dan bagaimana cara memulai dengan modal yang cukup minim serta kekhawatiran gagal ketika memulai bisnis.

Artikel kali ini saya bermaksud memberikan sebuah renungan kepada siapa saja yang hendak memulai bisnis baik perorangan maupun kelompok, hal yang harus dihindari ketika memulai bisnis adalah topik yang akan dibahas dalam artikel kali ini. Harapannya semoga dengan tulisan ini akan mendatangkan manfaat kepada siapa saja yang mebacanya.

Memulai bisnis memang harus dipersiapkan dengan matang datang totalitas, saya melalui jokkajo.com telah merangkum beberapa hal yang harus dihindari ketika akan memulai bisnis.

1. Jangan Mengikuti Trend

Jangan pernah memulai sebuah bisnis karena hanya mengikuti trend semata, karena trend makin hari makin berubah dan sulit untuk ditebak. Sehingganya bisnis yang dimulai karena trend yang bisa jadi hanya bersifat musiman akan berakhir dengan failed ditengah jalan.

Bisa kita lihat dan diamati sendiri bagaimana usaha batu akik yang dulu pernah meroket karena trend yang menopangnya, namun kini karena trend sudah tidak lagi berpihak padanya maka banyak pengusaha yang merugi dengan tidak adanya peminat yang mau membeli dagangannya.

Ketika masa pandemi saat ini, kebutuhan akan alat-alat kesehatan utamanya masker meningkat, sehingga membuat sebagian orang berbondong-bondong memborong masker dengan jumlah yang sangat banyak untuk dijual kembali kepada orang lain dengan harga yang lumayan  tinggi. Namun kini mereka tinggal menyisakan segudang masker yang harganya turun melebihin modal pembelian masker yang artinya rugi besar.

Sebisa mungkin memulai bisnis karena memang melihat jangka panjang keberadaan bisnis yang akan dimulai tersebut, pelajari dengan cermat dan teliti karena kerugian akan ditanggung oleh kita sendiri.

2. Jangan Menjiplak Usaha Orang Lain

Sebisa mungkin untuk tidak ikut-ikutan memulai bisnis yang telah dimulai oleh orang lain karena ingin mendapatkan hasil yang sama, ketahuilah rezeki telah menjadi ketetapan.

Tanpa harus menjiplak usaha orang lain apalagi secara mentah-mentah pun kita masih bisa memulai bisnis dengan ide yang baru dan belum pernah dilakukan oleh orang lain.

Ketika melihat tetangga memulai bisnis jual beli online dan mengetahui omset yang didapat cukup besar lantas mengikuti memulai bisnis yang sama, hanya akan ada 2 pilihan yakni kita untung atau rugi karena kalah saing dengan orang lain.

3. Jangan Terburu-Buru

Seperti telah disebutkan diawal kita memulai sebuah bisnis harus memiliki pengetahuan akan bisnis yang akan kita jalani, semisal hendak memulai bisnis cargo atau pengiriman barang.

Harus memahami mekanisme pengiriman, penentuanbiaya yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat, paham lokasi, mengetahui bidang lain yang akan menjadi pendukung pengiriman barang dan lain-lain. Jika tidak meiliki pengetahuan yang cukup, maka bisa dipastikan bisnis yang dimulai akan kandas ditengah jalan dan menyisakan kerugian bagi diri sendiri.

Jangan terburu-buru dalam memulai bisnis, karena mengejar mimpi untuk mendapatkan keuntungan yang sangat banyak lalu serta merta memulai bisnis tanpa memikirkan efek jangka panjang.

Buatlah sebuah manajemen usaha yang baik, sehingga usaha yang akan dimulai terarah dan berkesinambungan. 

Dalam menjalaninya pun kita akan lebih mudah karena tidak harus menebak siapa berbuat apa dan bagaimana kita keluar dari masalah ataupun kendala yang akan dihadapi nantinya.

4. Jangan Mudah Kecewa Dengan Hasil

Memulai usaha pasti akan menemui pasang surut penghasilan dan kerugian, karena tidak selamanya kita akan mendapatkan hasil yang instant, seorang pemilki brand ayam goreng ternama asal Amerika mengalami banyak kegagalan dan penolakan di berbagai tempat.

Orang orang hanya melihat hasil yang telah nampak saat ini dan kurang peduli dengan apa yang dialami olehnya dimasa awal membangun bisnis, jadi harus siap mental ketika usaha yang kita mulai mengalami penurunan dari segi penghasilan dan produksi.

5. Jangan Memikirkan Untung Yang Terlalu Besar

Orang yang memulai bisnis sudah pasti akan memikirkan keuntungan terlebih dahulu, tidak ada salahnya memikirkan untung karena memang memulai usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan dan kesejahteraan bagi diri sendiri.

Namun mengurangi pikiran untuk mendapatkan untung yang besar justru akan membuat kita akan kehilangan prinsip mempertahankan kualitas, seperti contoh bisnis kuliner yang mengejar keuntungan yang besar maka akan mulai mengurangi porsi makanan, mulai tidak memikirkan cita rasa makanan yang dijual. Karena prioritas pikiran hanya berfokus pada keuntungan yang harus diaraih dari usaha tersebut.

Nah itulah 5 hal yang harus dihindari ketika akan memulai bisnis atau usaha, baik usaha perorangan maupun secara bersama-sama, saya sangat berharap semoga pebisnis handal di masa depan pernah membaca tulisan ini.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+