close

Iklan

Iklan

Ciri Pengusaha Sukses Yang Tak Banyak Diketahui, Pertama Bangun Pagi !

Admin
10 October 2021, 14:30 WIB Last Updated 2022-03-18T09:28:50Z

Ilustrasi pengusaha

「Assalamualaikum」- Halo jo, menjadi pengusaha sukses tentunya adalah dambaan setiap orang, sebuah metode pekerjaan yang dinilai lebih santai dan luwes dibanding pekerja kantoran atau pegawai pemerintah yang terlalu kaku dan terikat peraturan

Pengusaha menanggung resiko yang sangat besar dan bertanggung jawab atas orang-orang yang berada dalam lingkup pekerjaannya,  seorang pengusaha sukses tidak terlahir begitu saja. Namun berbagai macam permasalahan kehidupan yang telah dilaluinya adalah bentuk pendidikan praktek baginya.

Jokkajo.com dalam artikel ini membagikan ciri pengusaha sukses, kenali dan cari tahu apakah ada ciri ini dalam diri kamu

1. Selalu Bangun Pagi

Nah jo, bangun pagi saya letakkan di posisi pertama karena sangat sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang, untuk menjadi seorang pengusaha sukses kamu harus terbiasa bangun pagi.

Masih ingat dengan perkataan 'nanti rezekinya di patuk ayam kalau bangunnya kesiangan', memang hanyalah sebuah ungkapan kecil kepada orang yang sering malas bangun pagi. Tapi, itu adalah bentuk pengajaran untuk mendapatkan kesuksesan lewat keberaniam untuk melawan rasa ngantuk dan jiwa bersaing yang ditanamkan dalam jiwa.

Membiasakan diri bangun pagi juga bentuk pemanfaatan waktu, jika ingin mimpimu segera tercapai maka segeralah untuk bangun. Jangan terlalu banyak membentuk mimpi nanti waktu actionmu habis

Bagi kamu yang beragama Islam tentu bangun pagi bukanlah hal baru bukan? Bangun pagi untuk mengerjakan Sholat Subuh sekitar pukul 4 pagi adalah kewajiban, nah rajinlah untuk mengerjakan Sholat Subuh agar mendapat dua keuntungan sekaligus, yakni keuntungan pahala atas ibadah yang dilakukan dan keuntungan mendapatkan ciri pengusaha sukses yang pertama ini

2. Menghargai Waktu

Waktu sebagai salah satu ciri kesetiaan seseorang, karena setia diukur dengan waktu.
Eh sorry jo, ini artikel tentang pengusaha bukan perbincangan tentang cinta hehe

Menghargai waktu atau disiplin waktu menjadi kunci kesuksesan, dengan mengatur waktu sebaik mungkin seorang calon pengusaha dapat memperhitungkan segala sesuatu dengan cepat dan sedini mungkin untuk menghindari kerugian

Sama halnya ucapan 'time is money' adalah perumpamaan menghargai waktu, datang kesebuah janji tepat waktu atau kurang dari jam yang disepakati dapat menambah penilaian orang lain terhadap sikap kita. Itu bukan berlebihan, tapi memang seperti itulah ciri pengusaha sukses yang dianggap sepele oleh orang lain.

3. Konsisten Dengan Ucapan

Perkataan seorang manusia menjadi dasar penilaian bagaimana dia membangun komunikasi dan hubungan baik dengan sesama, ucapan yang konsisten adalah tanda seseorang tersebut memiliki integritas dan dapat dipercaya

Menjadi pengusaha diperlukan kepercayaan, sekali saja menyalahi apa yang dikatakannya maka akan sesegera mungkin dianggap tidak konsisten. Semisal seorang pengusaha yang memiliki pekerja 10, ketika memberikan perintah yang tidak jelas dan bahkan setiap apa yang dikatakannya terdapat perbedaan. Hal ini yang membuat pekerjanya bingung untuk melaksanakan perintah.

Berucap dan jagalah konsistensi ucapan sebagai bekal ketika menjadi pemegang dan pengambil kebijakan. Ciri seperti ini yang paling menonjol dari seorang pengusaha sukses.

4. Suka Belajar Hal Baru

Mempelajari sesuatu yang baru adalah hal wajib bagi seorang yang ingin meraih kesuksesan. Nah seorang pengusaha sukses akan terus mempelajari hal baru dalam kehidupannya, tak perlu hal baru tersebut akan langsung bermanfaat untuk dirinya atau tidak.

Hal baru yang tak langsung dirasakan manfaat adalah investasi seorang pengusaha sukses, karena dia yakin jika apa yang dipelajarinya tersebut pasti akan bermanfaat dikemudian hari dan dapat menunjang pekerjaannya

So, bukan kamu yang senang belajar hal baru maka kamu telah memiliki ciri ciri seorang pengusaha sukses.

5. Ketika Gagal Tidak Bersedih Hati

Gagal adalah kesuksesan yang tertunda, banyak pengusaha besar yang mengalami kegagalan tidak hanya sekali. Berkali-kali gagal dan tetap berusaha untuk mencoba lagi adalah mental pengusaha sukses, tidak akan pernah ada kesuksesan tanpa melewati kegagalan dalam prosesnya

Namun ketika gagal dan mampu untuk tidak bersedih hati adalah tantangan besar bagi seseorang, bagaimana caranya agar tidak bersedih hati? Nah itulah prinsip seorang pengusaha sukses yang menjadikan kegagalan itu sebagai guru dan pengalaman, sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Ketika kegagalan dijadikan guru dan pengalaman maka tidak ada kesedihan hati, karena mendapatkan ilmu dari apa yang dialami. Justru akan gembira ketika gagal, itu artinya kesempatan untuk memperbaiki diri masih terbuka lebar.

6. Hemat Tapi Tidak Pelit

"Hemat pangkal kaya", dengan berhemat seseorang dapat mengurangi pengeluarannya dan mengalokasikan keuangan ke arah yang lebih bermanfaat dan menguntungkan.

Ciri yang satu ini pasti akan mempertimbangkan terlebih dahulu, seperti memetakan situasi mendesak, tidak mendesak, penting dan tidak penting.

Tapi sesuatu sikap hemat tidak berarti pelit dalam membantu orang lain. Ingatlah, pada harta yang kita kuasai terdapat bagian orang lain yang harusnya kita berikan.

Berhemat tapi tidak menutup mata dengan keadaan orang-orang sekitarnya adalah ciri seorang pengusaha sukses. Kesuksesan jiwa adalah sesuatu yang penting bagi seorang pengusaha.

7. Teliti Pada Hal Kecil

Ketelitian dalam melakukan sesuatu sangatlah penting bagi siapa saja yang hendak memulai suatu usaha, memperhatikan sedetail mungkin apa yang menjadi bagian dari usahanya.

Ketika kamu memiliki sikap seperti ini, maka bisa dipastikan kamu memiliki salah satu ciri seorang pengusaha.

Apa sih hubungannya hal kecil dengan ciri seorang pengusaha?

Seorang pengusaha sukses mengawali segalanya dari kecil, nah dengan teliti pada hal-hal kecil dia akan bisa membentuk sesuatu yang besar. Sebuah bangunan besar nan megah akan bisa runtuh ketika bagian dan komponen kecil tidak diteliti dengan baik.

Hal hal kecil disekitarmu adalah cara terbaik untuk melatih kepedulian terhadap apa yang kamu rencanakan.

Itulah ciri-ciri pengusaha sukses yang harus kamu ketahui ya jo.

Jangan lupa share kepada sahabat, saudara atau teman sekitar.

Untuk mendapatkan notifikasi Artikel terbaru kamu bisa mengisi form dibawah artikel ini dengan memasukkan email aktif, dengan adanya pembaca yang menunggu tulisan saya maka itu adalah semangat buat saya untuk terus berkarya

Silahkan berkomentar jika ada ciri yang belum diuraikan

Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+