close

Iklan

Iklan

7 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Cemas & Takut Berlebihan

Admin
19 March 2022, 09:03 WIB Last Updated 2022-03-19T02:03:02Z

Sunyi Senyap
「Assalamualaikum」- Halo jo, Setiap manusia memiliki masalah hidupnya masing-masing. Namun di beberapa kondisi, masalah ini menyebabkan rasa takut dan kecemasan pada diri seseorang. Sebab, ia merasa bahwa akan ada sesuatu yang kurang mengenakkan akan terjadi.



Penyebab rasa cemas dan takut berlebihan terkadang berasal dari mental kita sendiri yang menuruti suasana, kemudian dari sisi medis memang kondisi seperti itu dapat memicu penyakit lain seperti serangan jantung.


Di artikel kali ini, penulis JokkaJo.Com akan membagikan 7 tips sederhana namun ampuh untuk menghilangkan rasa cemas, agar pikiranmu kembali tenang dan bisa menjalani aktifitas dengan normal kembali.


1. Berada di Saat Ini


Kecemasan adalah kondisi dimana kita sedang memikirkan keadaan yang akan terjadi selanjutnya. Jadi, daripada mengkhawatirkan apa yang akan terjadi, cobalah untuk memikirkan kejadian saat ini dan menikmati waktu yang sekarang.


Seorang psikolog dan penulis buku “Free Yourself” menuliskan di bukunya.. “Cobalah untuk tanyakan pada diri sendiri apa yang terjadi sekarang. Apakah saya merasa aman? Apakah saya saat ini harus melakukan sesuatu? Jika tidak, kamu harus mempersiapkan diri jika suatu hari nanti kamu merasa cemas. 

Jadi, jika hal yang tidak diinginkan terjadi, tidak akan membuat kamu merasa cemas yang berlebihan.”


2. Mensugesti Apa yang Terjadi


Serangan panik sering banget membuat kita merasa seperti sedang sekarat atau mengalami serangan jantung. Cobalah untuk berpikir bahwa apa yang terjadi hanya sementara dan tidak berbahaya.


Kamu bisa memulai hari dengan menenangkan pikiran dan menyerap energi positif selama 10 menit. Mensugesti diri kita untuk tetap berpikir tenang, terukur, dan terbuka akan membuat kita bisa mengurangi rasa cemas.


3. Melihat Kenyataannya


Orang dengan kecemasan tinggi sering terpaku pada scenario terburuk. Untuk mengatasi kekhawatiran ini, pikirkan semuanya secara realistis. Tidak menjadi masalah jika kamu merasa gugup, tapi ingat bahwa kamu harus siap menghadapi semuanya.


Nah, ketika kamu merasa siap pasti ada beberapa hal yang akan berjalan dengan baik. Namun, beberapa mungkin tidak. Tapi, dengan melihat kenyataan dan berpikir realistis, justru akan membuat kita melatih otak untuk menemukan cara yang rasional dalam menghadapi pikiran cemas lho!


4. Tarik Nafas Dalam-Dalam


Menarik nafas dalam-dalam bisa membantu kamu merasa tenang. Caranya adalah, kamu merileksasikan badan dengan duduk sambil menutup mata dan fokus menarik nafas dalam-dalam. Lakukan secara berulang, hingga kamu merasa tenang.


Dengan latihan pernafasan seperti ini, kamu hanya fokus pada menghirup dan mengembuskan nafas secara alami. Ini akan membantu untuk memperlambat dan memusatkan kembali pikiran kamu untuk kembali tenang.


5. Olahraga


Olahraga adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk melawan cemas. Ini mungkin tampak kontradiktif, tetapi memberikan tekanan fisik pada tubuh dengan olahraga dapat menghilangkan rasa cemas dan juga stress.


Orang yang berolahraga secara teratur cenderung jarang mengalami kecemasan daripada mereka yang tidak berolahraga. Cobalah untuk menemukan latihan rutin atau aktifitas yang kamu sukai, seperti jalan pagi, menari, panjat tebing, yoga, atau aktifitas lain yang melibatkan gerakan berulang untuk bisa menghilangkan cemas.


Olahraga teratur dapat membantu untuk menurunkan stres dan kecemasan karena menghasilkan hormon endorphin yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan mood yang baik.


6. Waktu Bersosialisasi


Jika kamu rentan terhadap kecemasan sosial, penting untuk meluangkan waktu untuk bersosialisasi. Sedirian memang terasa lebh nyaman, tetapi ketahuilah bahwa kita juga membutuhkan orang lain.


Jangan salah, dukungan sosial dari teman dan keluarga dapat  membantumu untuk melewati masa-masa penuh tekanan lho! Kehadiran mereka dapat memberi rasa memiliki dan dihargai, yang juga bisa membantu kita melewati masa-masa sulit.


Ada sebuah studi mengatakan bahwa pria dan wanita dengan koneksi sosial paling sedikit lebih mungkin untuk menderita depresi dan juga kecemasan.


7. Tertawa


Taktik terakhir ini mungkin yang paling mudah. Tertawa adalah resep yang baik untuk pikiran yang gelisah. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan kesejahteraan kita.


Satu penelitian menemukan bahwa humor dapat membantu menurunkan kecemasan sebanyak-banyaknya, bahkan lebih daripada olahraga!


Akhir Kata


Nah, sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan rasa cemas. Ingat, seringkali suatu masalah tidak berakhir dengan buruk seperti yang kita pikirkan. Setelah kamu melewatinya, kamu akan merasa lebih lega. Tetap bahagia dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

°°°°°


Tulis tips lainnya yang pernah kamu lakukan di kolom komentar artikel ini sebagai tambahan bagi pembaca selanjutnya.



Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+