close

Iklan

Iklan

Temukan Dan Kembangkan Potensi Diri Sedini Mungkin, Sebelum Menyesal !

Admin
29 November 2021, 22:27 WIB Last Updated 2022-03-18T09:20:30Z

Brain picture

「Assalamualaikum」- Halo jo, Semua orang pasti dianugerahi kemampuan khusus yang ada dalam dirinya, bisa disebut itu adalah bakat. Tapi tidak semua bisa sesegera mungkin menyadari bakatnya itu apa.

Gausah jauh mencari contoh, saya sendiri sebagai penulis pemula di JokkaJo.Com  pun bisa dibilang terlambat menyadari bakat saya ada di bidang apa, saya pernah menggeluti beberapa bidang namun ternyata tidak mendapati kenyamanan yang saya cari selama ini.

Saya membaca banyak artikel yang membeberkan cara bagaimana menemukan bakat dan kemampuan diri yang terpendam, saya masih belum juga menemukan sebenarnya apa bakat saya.

Nyanyi? Saya sejak Taman Kanak-Kanak tidak suka menyanyi, jika disuruh menyanyikan lagu pasti menjadi suasana yang paling menegangkan untuk saya. Tidak hafal lagu dan kemampuan olah vokal saya yang sangat jauh dari apa yang diharapkan adalah alasan terbesar saya.

Olahraga? Saya senang olahraga tapi tidak semua bidang olahraga saya mampu memainkannya, saya tak gesit bermain Basket, tak jago main Bulutangkis, Sepak bola atau futsal yang menjadi olahraga favorit kaum adam pun saya tidak mumpuni. Saya senang Renang dan Lari namun hanya sekedarnya, tak mengejar prestasi.

Main alat musik? Yakin dan percayalah bahwa saya tidak Bisa memainkan satupun alat musik, orang-orang pasti terlihat keren ketika memainkan alat musik dengan lihainya. Tapi saya sangat payah dibidang musik, pernah saya mencoba untuk belajar namun tidak pernah berhasil.

Teknik Game Online? Saat ini sangat meledak kegemaran untuk bermain game online seperti Free Fire, Mobile Legend, yang pastinya di setiap HP kawula muda terInstall aplikasi game tersebut. Berbeda dengan saya, tidak ada aplikasi game yang awet menghiasi screen HP untuk dimainkan, karena memang tidak begitu senang bermain game online.

Kamu pasti mulai berpikir betapa kurang berbakatnya saya, terlalu payah dan tak ada hal yang bisa dibanggakan.

Lalu apakah saya menyerah? Tidak sama sekali.
Masih tetap yakin bahwa setiap orang diberikan kemampuan adalah motivasi untuk tetap mencari apa yang bisa dikembangkan

Bagaimana Menemukan Bakat Dengan Cepat?

Cara menemukan bakat adalah pertanyaan yang paling umum dan menjadi pertanyaannya setiap orang yang mendapat kendala terkait bakat

Ada beberapa cara yang bisa dijadikan referensi untuk menemukan bakat sedini mungkin, JokkaJo.Com berusaha menyuguhkan cara tersebut.

1. Pahami perbedaan Bakat, Minat Dan Hobi

Bersumber dari rumahprivat.com disebutkan perbedaan antara Bakat, Hobi dan Minat. Saya sendiri pada awalnya mengira 3 hal tersebut adalah sama, tapi ternyata..

Bakat adalah potensi diri yang dimiliki seseorang sejak lahir, Hobi memang sering kali dipersamakan dengan bakat atau kemampuan diri, tapi sebenarnya bakat dan hobi adalah 2 hal yang memiliki perbedaan mendasar, hobi adalah sebuah kegiatan relaksasi yang disukai dan sering dilakukan. Sedangkan minat sendiri adalah sebuah kecendurungan terhadap suatu hal secara khusus.

Setelah memahami perbedaan dari 3 hal tersebut, kamu harus bisa menentukan bidang apa yang menjadi bakatmu. Kemudian bidang apa yang hanya sekedar pelepas penat.

2. Temukan Bakat Lewat Hobi

Hobi memang berbeda dengan bakat, akan tetapi kamu bisa memulai menemukan bakatmu lewat hobi. Teruslah asah hobi yang paling kamu sukai menjadi bakat, jika kamu hobi memainkan alat musik maka lakukan dengan sebaik-baiknya hingga menemukan titik puncak dimana hobi menjadi bakat dan bakat bisa membawamu kepada kesuksesan.

Jika kamu hobi olahraga atau olah vokal, maka tekuni sampai kamu bisa menjadikan hobi tersebut menjadi bakat. Intinya hobi yang memiliki level tinggi bisa kamu jadikan bakat.

3. Hal Dominan Dan Unggul Jangan Sia-Siakan

Jangan pernah kamu menyia-nyiakan hal yang paling dominan dalam diri kamu, orang yang senang olah vokal atau nyanyi harusnya bisa menjadikan hal tersebut sebagai bakat.

Sekarang lagi viral seorang Zidan yang memiliki suara merdu dalam olah vokal, kamu yang memiliki hal dominan dalam olah vokal bisa saja menjadi seperti Zidan, asal kamu mau berusaha dan tidak menyia nyiakannya.

4. Pilih Hal Yang Paling Kamu Senangi

Diantara hal yang kamu tekuni pasti ada 1 atau 2 hal yang paling disenangi, nah manfaatkan itu menjadi bakatmu. Kembangkan hingga benar-benar bisa membuatmu sukses dan berhasil.

Kemampuan diri yang terpendam akan nampak ketika hal yang paling kamu senangi benar menandakan sosok dirimu, akan sangat terlihat jelas bagian mana yang begitu cocok dengan dirimu.

5. Mencoba Banyak Hal Tidak Ada Salahnya

Silahkan kamu mencoba banyak hal untuk mendapatkan bakatmu, tidak ada yang akan menyalahkanmu jika harus mencoba semua hal.

Lewat percobaan yang banyak itulah akan nampak kemampuan dirimu, seperti halnya kamu mencoba 100 makanan maka kamu akan bisa membandingkan makanan mana yang paling enak diantaranya.

Ketika kamu mencoba satu hal dan kamu tidak menyukainya, maka beralihlah ke hal lain sampai kamu menemukan mana yang sesuai dan cocok dengan dirimu. Kamu pasti akan menemukan kemampuan dirimu.

Itu adalah 5 cara untuk menemukan kemampuan diri yang terpendam, dari cara tersebut silahkan kamu kembangkan dengan pemikiranmu sendiri.

Semoga berhasil menemukan dan mengembangkan kemampuan terpendam dalam dirimu, saya tunggu komenta terbaikmu ketika sudah menemukan bakat yang kamu cari selama ini.

Terima kasih sudah membaca
Temukan artikel menarik lainnya di JokkaJo.Com dengan kategori Artikel Unik. Jangan lupa share artikel ini agar niat saya untuk menebar manfaat bisa terwujud
Wasalamualaikum

Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+