close

Iklan

Iklan

Ganti Habit Burukmu Dengan Cara Ini..!, Nikmati Habit Baikmu

Admin
11 December 2021, 17:18 WIB Last Updated 2022-03-18T09:18:24Z

 

Photos Jokkajo.com

「Assalamualaikum」- Halo Jo, sebelumnya saya perlu untuk menginformasikan bahwa artikel ini adalah karya kontributor jokkajo.com, yang diperuntukkan kepada seluruh pengunjung blog ini.

Habit atau kebiasaan yang kita kerjakan sehari-hari akan mempengaruhi kualitas diri di masa depan. Yang namanya habit, tentu ada habit yang baik dan habit yang buruk.

Habit yang baik akan menghasilkan energi positif. Sebaliknya, habit yang buruk akan membawa dampak yang negatif.

Mengubah habit bukanlah sesuatu yang cepat dan mudah, dibutuhkan proses dan niat yang kuat untuk hal itu. Banyak orang yang ingin mengubah kebiasaan buruknya, namun seringkali orang itu berhenti di tengah jalan.

Di lingkungan dekat saja, mungkin dengan mudah bagi kita untuk menemukan perokok akut yang ingin sekali berhenti merokok. Atau mungkin kamu juga kerapkali bangun siang di hari libur.

Tentu kebiasaan atau habit adalah hal yang terbentuk, bukan turun dari langit begitu saja. Ayo keluar dari zona nyamanmu itu

Seperti contoh bangun siang tadi, bisa saja di hari-hari biasa atau hari kerja kita bangun lebih pagi. Namun ketika hari libur tiba, kita malas beranjak dari tempat tidur di pagi hari.

Mengubah kebiasaan bangun siang di hari libur memang cukup sulit bagi kita yang tidak terbiasa. Ketika ingin mengubah kebiasaan bangun siang, kemungkinan kecil itu berhasil pada percobaan pertama.

Mungkin pernah sesekali kita bangun pagi, itupun karena sedang ada jadwal kegiatan atau acara di hari libur tersebut.

Namun jika tidak ada jadwal acara atau kebutuhan mendesak lain yang mengharuskan kita untuk bangun pagi, secara otomatis otak kita akan mengenali bahwa itu adalah hari libur, dan hari libur = bangun siang. Ya, itu adalah kebiasaan yang sudah tidak mengejutkan lagi.

Ketika kamu memiliki kebiasaan yang tidak sehat seperti yang kita contohkan diatas, tentu saja tidak terlepas dengan masalah kesehatan. Banyak kebiasaan buruk yang bisa mendatangkan penyakit.

Tidak hanya soal penyakit fisik seperti yang kita ketahui pada umumnya, kebiasaan buruk juga dapat berdampak pada masalah mental. Ketika mental kita sedang tidak baik, tentu tidak akan bersemangat dalam menjalani hari serta akan bermalas-malasan.

Namun tidak perlu khawatir, sebab beberapa orang telah berhasil lepas dari kebiasaan buruknya dengan metode penerapan kebiasaan baru yang berulang. Lantas, apa saja langkah-langkah untuk mengubah kebiasaan?

3 Cara Sederhana untuk Mengubah Kebiasaan

Habit and change

Pasti kamu pernah mendengar kalimat, "Jika kamu hendak berhenti, ingat lagi mengapa kamu memulainya..". Nah, pastikan kamu terlebih dahulu mengetahui kebiasaan apa yang ingin kamu ubah, dan mengapa kamu ingin mengubahnya.

Mengubah kebiasaan sama dengan mengubah konsep pemikiran kita. Agar kebiasaan baru bisa bertahan lama, kamu perlu merubah konsepmu terlebih dahulu.

Misalnya ketika setiap bangun tidur kamu langsung mandi, tindakan tersebut sudah otomatis, artinya kamu tidak perlu berpikir lagi untuk melakukannya.

Maka untuk mengubah kebiasaan, kamu perlu mengubah konsep pemikiran tersebut. Berikut ini langkah-langkah untuk mempermudah kamu dalam mengubah habit atau kebiasaan:

1. Fokus Pada Satu Kebiasaan

Sudah pasti jika kamu mencoba mengubah banyak kebiasaan, maka hasilnya belum tentu berjalan dengan mulus.

Cara yang paling tepat untuk mengubah kebiasaan adalah dengan fokus mengubah satu kebiasaan dahulu, sebelum berlanjut ke kebiasaan lainnya.

Pilihlah satu kebiasaan yang ingin kamu ubah, misalnya kebiasaan tidur setelah subuh. Cara mudahnya adalah sebelum tidur, kamu membayangkan dirimu bangun subuh di pagi hari dan tidak tidur lagi, langsung mandi misalnya. Lakukan terus kebiasaan ini hingga 2 – 3 minggu, setelahnya akan lebih mudah karena kamu sudah terbiasa.

2. Temukan Penyebabnya

Setelah kamu memilih kebiasaan apa yang ingin kamu ganti, temukanlah pemicu atau penyebabnya. Misalnya kamu ingin mengubah kebiasaan bangun siang, masalah ini pada umumnya disebabkan karena kurangnya jam tidur di malah hari.

Berbagai aktifitas yang kamu lakukan di malam hari mungkin menjadi penyebab kamu sulit tidur malam, salah satunya begadang nonton bola atau bermain gadget sebelum tidur. Pada akhirnya, kamu menjadi kekurangan waktu tidur dan melampiaskannya di esok hari.

3. Beri Reward untuk Dirimu

Setelah berhasil melakukan perubahan dalam dua atau tiga minggu berturut-turut, berikan reward atau hadiah untuk dirimu sendiri.

Tentunya hadiah yang dimaksud dipastikan tidak berlawanan dengan kebiasaan barumu. Jika ingin berhenti merokok, jangan pula memberi hadiah sebuah batang rokok.

Pikirkan tentang barang yang ingin dibeli, kamu boleh membelinya setelah berhasil mengubah kebiasaan selama dua atau tiga minggu. Cara ini sangat berguna untuk memotivasi kamu dalam mengejar target.

Akhir Kata

Itulah tadi cara mudah untuk mengubah kebiasaan. Tentunya kita semua ingin memiliki sebuah kebiasaan baru yang lebih baik. Kebiasaan yang sudah mengakar mungkin memerlukan waktu dan usaha yang lebih ekstra untuk mengubahnya.

Jika kamu merasa kesulitan untuk berkomitmen, mintalah bantuan dari teman atau orang terdekatmu untuk mengawasi dalam proses perubahan. Teman yang baik akan selalu mendukungmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Kamu juga bisa mengutarakan pendapatmu di kolom komentar, sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!

Jika kamu sudah merubah Habitmu menjadi baik, maka selanjutnya kamu harus menemukan dan mengembangkan potensi terbaik dalam dirimu. Jangan berhenti untuk berusaha menjadi lebih baik.

Ikuti blog ini dengan mengisi form berlangganan di sisi kanan jika kamu menggunakan PC, dan form nya ada dibawah jika kamu menggunakan HP, scroll lagi kebawah jo.

Tetap sehat dan jangan gila

 

 

 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+