close

Iklan

Iklan

Mental Down? Dengarkan Tips Ini untuk Kamu yang Sedang Terpuruk

Admin
15 December 2021, 11:41 WIB Last Updated 2022-03-18T09:18:07Z

Sedih sunyi

「Assalamualaikum」- Halo jo, masih dengan tulisan karya kontributor
JokkaJo.Com tentang tips yang semoga saja dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Down Mental bukan persoalan kecil loh jo, keterpurukan yang amat dalam bisa membuat orang lupa diri dan paling parah bisa mengakhiri hidupnya

Orang yang memiliki mental kuat sekalipun bukan tidak mungkin baginya mengalami kondisi mental down atau terpuruk. Seringkali keadaan semakin memburuk saat kita mencoba untuk membiarkannya begitu saja, apalagi dianggap sepele. Memang sih bisa karena terbiasa, tapi bukan berarti kamu lalai dengan hal yang satu ini.

Setiap orang pasti pernah berada di titik terendah dalam hidupnya. Ya, bahkan mungkin saat ini kamu sedang mengalaminya. 
 
Kebanyakan orang membiarkan emosinya menguasai pikirannya saat mentalnya terpuruk, ini juga salah satu faktor yang dapat memperparah keadaan.
 
Sebaliknya, mereka yang menemukan sumber masalah dan mengambil langkah antisipatif akan berada pada satu langkah di depan. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ambil saat mental kamu sedang jatuh atau terpuruk.

Tips Memanjakan Diri Sendiri

1. Berteman dengan Sinar Matahari

Masa kita harus berteman dengan sinar matahari, maksudnya gimana?  Nah jadi begini, menurut penelitian yang dilakukan oleh Joseph Forges, dia mengamati bahwa keadaan cuaca dapat memengaruhi suasana hati seseorang, lho!
 
Saat mengalami keadaan yang kurang baik, datanglah ke tempat-tempat yang memiliki sinar matahari lebih. Atau jika kamu malas keluar rumah, kamu juga bisa untuk tetap mendapatkan suasana bahagia dengan cara membuka celah-celah seperti pintu dan jendela rumahmu.
 
Dengan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah, ini akan meningkatkan aura positif di dalam rumah. Selain itu, pancaran sinar matahari dapat meningkatkan mood dan suasana hati seseorang menjadi lebih bahagia dan bersemangat menikmati kehidupan.

2. Dengarkan Musik

Apa judul lagu favoritmu? Ya, setiap orang pasti pernah mendengar musik dan memiliki jenis musik kesukaannya.
 
Kekuatan musik memang sangat luar biasa, sebab musik juga bisa memengaruhi suasana hati yang mendengarnya. Oleh karenanya, kurangilah genre musik yang membawa kesedihan.
 
Pilihlah genre musik yang memberikan semangat seperti musik dengan tempo yang cepat. Musik dengan tipe seerti ini dapat membangun perasaan gembira dan positif bagi pendengarnya.

3. Kenakan Pakaian Favorit

Siapa sangka, mengenakan pakaian kesukaan dapat membuat perasaan menjadi lebih baik, lho!
 
Tidak perlu pakaian yang mewah, asalkan pakaian tersebut nyaman dan kamu suka mengenakannya, itu dapat membuat moodmu bagus untuk menjalani aktifitas.
 
Aktifitas harian seperti membersihkan rumah, bersantai, dan lainnya akan terasa lebih menyenangkan.
 
Pakaian yang nyaman tidak hanya membantumu untuk lebih semangat dalam mengerjakan aktifitas yang di dalam rumah saja, tetapi juga dapat memberi manfaat besar saat kamu berada di luar rumah.
 
Ketika kamu memutuskan untuk hendak bermain di luar rumah dengan pakaian favoritmu, ini akan sangat membantumu lebih percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

4. Sudahkah Senyum Hari Ini?

Tersenyum atau tertawa, ternyata tidak hanya berguna untuk mengatasi rasa cemas berlebihan. Tersenyum juga dapat memberikan kecerahan dan aura positif pada lingkungan sekitar.
 
Dengan tersenyum, maka suasana dari orang-orang disekitarmu akan lebih hangat.
 
Memang kadang-kadang kita merasa sulit untuk senyum, apalagi jika kondisi hatimu sedang merasa sedih. Namun dengan berjalannya waktu, kamu akan lebih memahami bagaimana senyum dapat memancarkan aura positif di lingkungan sekitarmmu.

5. Yuk Rencanakan Tujuan Baru

Membuat rencana adalah hal yang sangat penting. Dengan memiliki rencana untuk tujuan baru, maka kehidupan kedepannya akan terasa lebih bermakna.
 
Tanpa menyusun sebuah rencana, kamu tidak akan merasakan pencapaian. Padahal, pencapaian merupakan sebuah motivasi kuat saat keadaan mentalmu sedang terpuruk.
 
Jadi, luangkanlah waktu untuk menyusun rencana yang akan kamu lakukan selanjutnya. Buatlah target harian dan mingguan, percayalah bahwa semua yang bersifat baik akan berjalan dengan lancar.
 
Jangan takut jika rencana yang kamu buat sebelumnya gagal, kegagalan merupakan hal yang biasa. Bahkan ketika kamu terjatuh beberapa kali, jadikan pengalaman tersebut sebagai pembelajaran agar tidak terulang lagi di kemudian hari.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat merasakan kondisi mental yang terpuruk.
 
Saat hidupmu sedang terpuruk, pada saat itulah kamu berada dalam posisi sempurna untuk berdoa.
 
Ayolah, sudah saatnya dirimu untuk bangkit. Jangan menunggu motivasi itu datang, sebab motivasi terbaik asalnya dari diri sendiri. Keluar dari zona nyamanmu dan buat dirimu senang, tenanglah semua akan baik-baik saja.

Tetap sehat dan jangan gila
Ikuti blog ini dengan mengisi form di bawah artikel jika kamu menggunakan Smartphone dan dibilah kanan jika menggunakan PC. 
 
Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+