close

Iklan

Iklan

Gawat, Daftar Pekerjaan Ini Terancam Hilang di Masa Depan. Baca ini..!

Admin
19 March 2022, 21:43 WIB Last Updated 2022-03-19T14:43:28Z

Dipecat dari pekerjaan
Ilustrasi pemecatan seorang kariyawan, Foto : Pixabay.com

[Justicer] -- Sejauh ini dapat kita lihat banyak sekali perkembangan teknologi yang begitu pesat dan tidak dapat dihentikan. Berbagai perusahaan berbasis teknologi berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi terbaru.
 
Misalnya saja yang belakangan ini sedang hangat, yakni dunia virtual bernama Metaverse. Perusahaan Facebook Inc bahkan mengganti namanya menjadi Meta, ini secara tidak langsung mereka memberitahu bahwa mereka sedang fokus untuk mengembangkan teknologi satu ini.
 
Selain itu, ada teknologi yang tidak kalah hebatnya dengan Metaverse, yaitu Artificial Intelligence (AI) atau biasa dikenal dengan Kecerdasan Buatan.
 
AI atau Kecerdasan Buatan ini sebenarnya bukan teknologi yang baru dirilis. Menurut sejarahnya, istilah Artificial Intelligence pertama kali dikemukakan pada tahun 1956 di Konferensi Darmouth

Sejak saat itu pula AI terus dikembangkan, sebab berbagai penelitian mengenai berbagai teori dan prinsip yang berkaitan dengan AI juga terus berkembang.

Daftar Pekerjaan yang Diperkirakan Akan Tergantikan oleh AI

Karena perkembangannya yang begitu pesat, ternyata teknologi AI (Kecerdasan Buatan) diperkirakan mampu menggantikan berbagai pekerjaan yang biasa dilakukan manusia, lho!

1. Pekerja Kontruksi

Mengingat pertumbuhan PDB Amerika saat ini, sudah tidak mengejutkan lagi bahwa pekerjaan konstruksi berkembang seiring dengan peningkatan investasi dalam bidang infrastruktur.
 
Bagi pekerja konstruksi, ini berarti peningkatan beban kerja, permintaan, dan pendapatan saat mereka mengerjakan proyek baru.
 
Tetapi alih-alih mempekerjakan lebih banyak pekerja, manajer konstruksi justru lebih memilih menggunakan robot yang dilengkapi kecerdasan buatan. Bagaimana tidak? Penggunaan robot dalam proyek konstruksi dinilai lebih efektif ketimbang menggunakan manusia sebagai pekerja proyek.
 
Selain menghemat biaya pengeluaran untuk membayar pekerja, kecerdasan buatan juga lebih efisien dalam menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan kerja fisik yang dapat diprediksi dan tugas yang berulang.

Terlebih lagi, menggunakan teknologi AI juga dapat mengurangi angka kecelakaan dalam bidang pembangunan. Hmm, keuntungan yang cukup bagus untuk pihak manajer, bukan?

2. Sopir 

Pekerjaan kedua yang diperkirakan akan digantikan oleh AI adalah sopir. Ya, saat ini ada banyak manusia yang berprofesi sebagai sopir, seperti sopir pribadi maupun sopir untuk mengangkut barang.
 
Tapi tunggu dulu, bagaimana mungkin seorang sopir nantinya akan tergantikan oleh Kecerdasan Buatan? Dan bukankah berbahaya jika mengandalkan AI sebagai sopir yang mengangkut barang atau penumpang manusia?
 
Jangan salah, mobil yang dilengkapi dengan teknologi AI tentu berjalan terarah dan memiliki sensor otomatis dalam berkendara. Bahkan, teknologi ini digadang-gadang dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

3. Akuntan

Perangkat lunak seperti Microsoft Office dan Quickbooks dapat mencatat transaksi secara otomatis jauh lebih murah, lebih menguntungkan daripada biaya untuk tugas ini yang dilakukan secara manual.

Terlebih lagi, perangkat lunak yang cerdas ini tidak menimbulkan risiko kesalahan yang biasa dilakukan oleh manusia. Posisi akuntansi dan keuangan tingkat tinggi masih banyak diminati, tetapi pembukuan manual sepertinya sudah ketinggalan zaman.

4. Manufaktur

Saat ini, China memiliki pasar terbesar untuk pekerjaan manufaktur. Foxconn, perusahaan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Taiperi, baru-baru ini mengganti 60.000 karyawan mereka dengan alternatif robot.

5. Food Service

Terakhir kali kamu berkunjung ke toko atau restoran cepat saji seperti McDonald's, kamu mungkin disambut oleh salah satu karyawan mereka. Tetapi, di prediksi karyawan restoran ini akan digantikan oleh mesin robot berbasis AI.
 
Mesin-mesin ini menjadi semakin populer karena McDonald's menambahkannya ke 1.000 tokonya setiap kuartal. 

Alih-alih antrean panjang dan pesanan yang salah, AI menjanjikan pengalaman bersantap yang lebih menyenangkan bagi pelanggan dan biaya operasional yang lebih rendah bagi pemilik restoran.
 
Keberhasilan mesin AI ini telah diadopsi oleh berbagai restoran lain dan akan terus menggantikan kasir dan pekerja drive-through.

Akhirnya


Selain kelima jenis pekerjaan diatas, sebenarnya ada banyak lagi bidang yang berpotensi digantikan oleh AI.
 
Kita seharusnya tidak menganggap teknologi sebagai ancaman bagi pekerjaan kita, tetapi lebih sebagai peluang bagi pekerja untuk maju dan beradaptasi dengan perkembangan AI.

Kamu tidak perlu khawatir, sebab dengan adanya berbagai pekerjaan yang hilang karena teknologi, akan ada juga jenis-jenis pekerjaan baru yang muncul karenanya.
 
 
 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+