close

Iklan

Iklan

Wujudkan Resolusi Tahun Baru Kamu dengan Tips Berikut

Admin
22 December 2021, 21:47 WIB Last Updated 2022-03-18T09:17:00Z

Tahun 2021

「Assalamualaikum」- Halo jo, Tidak lama lagi tahun 2022 akan datang, kamu sudah punya resolusi untuk tahun depan? Ya, tahun baru identik dengan resolusi baru.

Resolusi tahun baru itu apa sih? Jadi, resolusi tahun baru ini merupakan tradisi sekuler yang terkenal di dunia barat, dimana dalam tradisi ini seseorang akan membuat rencana untuk melakukan tindakan perbaikan diri yang akan dimulai pada awal tahun baru.
 
Misalnya saat ini kamu masih sering kurang tidur karena begadang di malam hari, maka di awal tahun nanti salah satu resolusi kamu yakni ingin tidur malam lebih cepat agar memiliki badan yang sehat dan fisik yang prima. Cukup sederhana, bukan?
 
Tentu saja tradisi ini merupakan hal yang sangat baik. Sekarang, tradisi ini tidak hanya berlaku di dunia barat saja, tetapi sudah bisa kamu temukan di seluruh dunia.

Tips Mewujudkan Resolusi, Agar Tidak Sekadar Mimpi Saja

 
JokkaJo Photos
 
Percuma saja jika resolusi yang kamu buat tidak berjalan dengan ekspektasi. Dengan kata lain, hanya berupa mimpi saja.
 
Menurut studi dari Universitas Scranton,  sebanyak 92% orang gagal dengan resolusinya. Artinya, hanya ada sekitar 8% orang yang berhasil mewujudkan resolusi yang mereka buat.
 
Kamu juga bisa berhasil mewujudkan resolusi dan menjadi bagian dari 8% orang itu dengan tips berikut.

1. Mulai dari Langkah Kecil

Mulailah dengan menetapkan target yang realistis dan kamu yakin untuk dapat mencapainya. Umumnya, langkah kecil justru akan memberikan kesuksesan yang lebih besar.
 
Menetapkan target yang terlalu ambisius akan membuatmu kewalahan atau bahkan membuatmu frustrasi. Di sisi lain, dengan menetapkan target yang lebih logis, kamu memiliki kemungkinan untuk mewujudkan resolusi yang lebih besar.
 
Misalnya, kamu ingin lebih sering berolahraga di tahun baru. Jadi, buatlah jadwal olahraga 3-4 kali seminggu.
 
Atau kamu bisa mengganti kebiasaan makan gorengan dan makanan manis dengan makanan yang lebih sehat seperti yoghurt. Ingatlah bahwa perubahan dimulai dari yang kecil!

2. Buat List yang Spesifik

Resolusi kamu harus jelas dan spesifik. Jangan hanya mengatakan, "Saya ingin menurunkan berat badan" atau "Saya ingin mendapatkan nilai yang lebih baik".
 
Buatlah target, berapa berat badan yang ingin diturunkan atau ranking apa yang diinginkan pada semester berikutnya dan seterusnya. Kalimat resolusi yang lebih spesifik akan menjamin bukan sekedar wacana, melainkan target yang harus kamu wujudkan.

3. Tentukan Jangka Waktu

Membuat target yang detail, termasuk waktu, penting untuk kamu lakukan. Namun, deadline yang kamu buat harus realistis juga lho.
 
Beri dirimu waktu untuk mewujudkannya. Pecahkan tujuan jangka panjang menjadi target jangka pendek.
 
Jika kamu sudah menetapkan resolusi tahun baru, kini saatnya membuat strategi detail untuk mewujudkannya.

4. Sabar dalam Proses

Tidak ada yang bisa kamu dapatkan secara instan. Semua tentu membutuhkan proses dan perjuangan yang harus kamu jalani dengan kesabaran.
 
Hal yang sama berlaku untuk resolusi tahun baru kamu. Perubahan yang kamu buat dalam resolusi tahun barumu bisa memakan waktu lama atau cepat tergantung pada seberapa keras kamu berusaha untuk mencapainya.

5. Jangan Takut Gagal

Saat tersandung, tak lantas membuatmu patah semangat. Terlalu takut gagal dapat menyebabkan resolusimu tidak tercapai.
 
Ketika kamu mengalami kegagalan, berhentilah sejenak dan evaluasi diri sendiri. Jika tujuanmu masih terlalu ambisius, cobalah untuk memecahnya menjadi tujuan yang lebih realistis.
 
Ketika kamu merasa bosan dengan resolusi buatanmu, cobalah membuat variasi atau berhenti sejenak. Eits, gagal bukan berarti menyerah, terus berusaha sampai kamu temukan hal unik dalam dirimu

6. Beritahu Dunia

Dukungan dari teman dan keluarga akan membuat kamu lebih berkomitmen untuk membuat resolusi.
 
Dr John Michael, seorang filsuf dari University of Warwich mengatakan, tekanan sosial akan membuat kita lebih berkomitmen pada janji.
 
Jadi, tak ada salahnya menceritakan resolusi tahun baru kamu kepada beberapa teman untuk membantumu lebih berkomitmen menjalankannya. Siapa tahu kamu juga bisa mengajak mereka untuk bersama lebih baik kan?
 
Akhir Kata
 
Itulah beberapa tips dalam mewujudkan resolusi tahun barumu. Jika kamu memiliki pendapat atau tips versimu, silahkan tuangkan di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
 
 
Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+