Luhut Tetapkan HTM Candi Borobudur Sebesar 100 Dolar Untuk Wisman

Harga tiket masuk borobudur naik Harga tiket masuk borobudur untuk pelajar Harga tiket masuk borobudur terbaru
JUSTICER NEWS MEDIA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan akan membatasi jumlah pengunjung di kawasan wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah, menjadi sebanyak 1.200 orang per hari.

Pada kesempatan yang sama Luhut juga mengumumkan akan menetapkan tarif masuk yang baru bagi pengunjung kawasan wisata Candi Borobudur.

Foto Candi Borobudur,  By cnnindonesia.com

"Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5000 rupiah saja," tulis Luhut dalam caption instagramnya, Sabtu 4 Juni.

Dia bilang, langkah ini dilakukan semata-mata demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

"Semua turis juga nantinya harus menggunakan tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur, ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," lanjutnya.

Lebih jauh Luhut menambahkan, saat ini pemerintah tengah mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional.

"Dalam kunjungan pagi ini saya kembali menekankan sinergi antara konservasi dan pariwisata melalui mekanisme “’single authority agency" sehingga Borobudur bukan hanya menjadi salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas, tetapi juga destinasi wisata berkualitas," imbuh Luhut.

Untuk itu, lanjut Luhut, ia juga memastikan penerapan prinsip ekonomi biru, hijau, dan sirkular sudah mulai diterapkan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Maka dari itu, mulai hari ini akan dilaksanakan uji coba penggunaan bus listrik sebagai shuttle bus kendaraan pariwisata. Rute perjalanan shuttle bus ini meliputi Borobudur-Malioboro-Prambanan. Dengan menggunakan kendaraan listrik dan EBT, saya rasa akan semakin mempertegas komitmen Indonesia dalam penggunaan energi ramah lingkungan," pungkas Luhut Pandjaitan.


Sumber : voi.id


________________________________
Presented by Jokka Jo
Informasi Lowongan Pekerjaan Relduit
Media Sharing Partner WkWk



Related :

Featured Section

featured/recent

Simple Grid

6/sgrid/recent