close

Iklan

Iklan

Cara Magang Ke Jepang Jalur IM Japan

Admin
22 August 2020, 08:52 WIB Last Updated 2022-03-17T03:12:19Z

Assalamualaikum

Hai jo, Konnichiwa!

Selamat datang di jokkajo.com

Kalian tentu ketika mendengar  magang Jepang atau magang luar negeri  terbesit dalam pikiran bahwa sama saja dengan Tenaga Kerja Indonesia atau TKI, padahal antara Magang dan sebagai TKI adalah dua hal yang berbeda , karena magang pada konsepsinya adalah belajar sambil bekerja pada perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di jepang. Sedangkan TKI merupakan murni sebagai tenaga kerja yang diperuntukkan untuk bekerja di negara tujuan.

Magang jepang itu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan atau dengan “simsalabim prok prok dan jadi apa”. Bisa ditafsirkan akan lebih sulit dari itu semua jo. Banyak persyaratan dan ujian yang harus dilalui sebelum bisa magang ke jepang. Seperti kata pepatah, ”banyak jalan menuju Roma” tapii harus diingat kelanjutannya “Roma tidak dibangun dalam semalam”.

Magang di jepang sebetulnya dapat ditempuh melalui dua jalur yakni jalur swasta atau melalui LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) yang telah memiliki ijin mengirimkan peserta magang secara langsung dari Indonesia ke Jepang (Sending Organization), untuk itu kamu harus tahu daftar LPK resmi magang jepang.  

Sedangkan jalur yang ke dua adalah lewat program Pemagangan kerja sama Kemnaker RI dan IM Japan (International Man Power Development Organization of Japan). Kedua jalur ini sama-sama memberikan peluang kepada siapa saja yang ingin magang ke jepang, tapi dalam tulisan ini hanya akan fokus membicarakan tentang Pemagangan lewat jalur IM.

 

Persyatan yang harus di siapkan antara lain, siapin Memochoukarena persyaratannya banyak banget

1.        Persyaratan Khusus

-   Pria

(Untuk wanita biasanya untuk program Caregiver atau perawat lansia)

-  Usia minimal 18 Tahun (Bagi lulusan SMK Teknik) dan 19 Tahun 6 bulan bagi lulusan non teknik serta Maksimal 26 Tahun saat seleksi dilaksanakan. (Berdasarkan pengalaman penulis peserta yang berusia 26 Tahun  lebih beberapa bulan digugurkan)

- Tidak buta warna (Total/Parsial) dan tidak berkacamata/kontak lens.

- Tidak bertato atau bekas tato (Bagi kalian yang ingin magang jepang jangan sekali-kali membuat tato baik permanen maupun semi permanen. Karena sudah pasti gugur jo)

- Tidak bertindik atau bekas tindik (Bagi kaum adam jangan sok keren dengan tindik telinga, sekalipun mencoba untuk menambalnya kembali, tetap bakalan ketahuan dan dipulangkan/gagal jo, ini pernah dialamin teman saya loh)

2.       Persyaratan Administrasi

- KTP (Masa berlaku minimal 2 tahun)

-  Kartu Keluarga

- Kartu Kuning (AK1) atau Kartu Pencari Kerja (Bisa dibuat di Disnaker masing-masing Kabupaten/Kota di daerah domisili)

-   Akte Kelahiran

- Sertifikat Latihan Kerja bidang teknik minimal 160 Jam Pelajaran atau surat Keterangan Pengalaman Kerja bidang Teknik bagi lulusan non teknik. Bagi lulusan SMK,DIII,DIV,S1 Teknik (mesin, otomotif, listrik, elektronika, las, industri, bangunan, juru gambar, kimia, jaringan komputer) Tidak Dipersyaratkan.

- Ijazah SD sampai dengan Ijazah Pendidikan Terakhir.

-  Surat Keterangan Sehat

- Surat Izin Orang Tua/Wali/Istri

- Surat Rekomendasi dari Kelurahan/Desa

-          Surat keterangan belum pernah mengikuti program pemagangan (Dibubuhi Meterai 6000)

-          Surat Permohonan Mengikuti Program magang ke jepang

-          Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

-          Surat pernyataan bersedia mengikuti program magang jepang

-          Pas foto 3x4 dan 4x6 masing-masing 5 lembar

-          Photo keluarga dengan latar rumah ukuran 5R sebanyak 3 lembar (tampak depan, belakang, tampak samping). Pada saat Pelatihan Daerah atau Pusat photo keluarga berjumlah 5 Lembar (Tampak depan bersama keluarga, rumah tampak depan, jalan depan rumah, tampak samping dan tampak belakang)

Catatan : jika terdapat perbedaan identitas di beberapa dokumen, seperti nama di Ijazah dan di Akta terdapat perbedaan, Tempat Lahir berbeda di lengkapi dengan Surat Keterangan beda Identitas dari Kelurahan dan Sekolah pendidikan terakhir. Membawa dokumen asli pada saat seleksi terutama pada saat wawancara.

3.       Persyaratan Teknik

-      MINIMAL LULUS SLTA/SEDERAJAT

-       LULUS KELENGKAPAN DOKUMEN

-          LULUS TES MATEMATIKA 20 soal dalam 15 Menit minimal 14 benar (Soal matematika dasar, perhitungan, perkalian, penjumlahan, pengurangan, rumas bangun ruang, bangun datar, mencari rata-rata, mencari nilai tengah, dll. Semuanya materi matematika dasar, untuk contoh soal akan diposting berikutnya)

-          LULUS KESEMAPTAAN TUBUH (penyakit kulit, patah tulang, tinggi badan 160 cm dan berat badan 50 KG,tidak berkcamata, tidak memakai gigi palsu atau gigi berlubang, disfungsi organ, estetika atau postur tubuh menjadi perhatian pada tes ini. Disarankan pada tes ini untuk memakai daleman yang bagus, karena nanti hanya menggunakan daleman/CD)

-          LULUS KETAHANAN FISIK (Lari 3 Km 15 menit, Push Up 35 kali, Sit Up 25 kali) harus banyak berlatih fisik, pada tes ini tidak ada toleransi bagi yang tidak mampu melaksanakannya

-          LULUS WAWANCARA (pada tes ini kalian harus memperhatikan sikap, seperti cara duduk tegap tanpa bersandar, pandangan kepada yang berbicara, menjawab dengan lantang dan keras, berpakaian rapi, membawa dokumen asli) dan yang harus dipelajari adalah (pengertian program ini, uang saku, modal usaha mandiri, hak dan kewajiban peserta, asuransi, pengetahuan tentang jepang, asuransi, data tentang keluarga dan data tentang pendidikan/pelatihan yang pernah diikuti)

-          LULUS GENERAL MEDICAL CHECK UP (MCU)  meliputi Urine, feses/tinja, pemeriksaan darah, mata, paru-paru/Rontgen, narkoba, asam urat, ginjal, hiv/aids, jantung/EKG, gigi dan lain-lain.

-          LULUS TES BAHASA JEPANG (sebelum tes ini kalian akan diberi waktu belajar mandiri bahasa jepang dengan materi meliputi Bab 1 sampai Bab 12 Buku Pelajaran IM JAPAN, Kata Sifat, Kata Kerja, Kata Benda dan Kanji dasar) tes ini tidak mengugurkan tetapi sangat penting. Mengapa, karena pada tes ini diberikan kesempatan 3 kali untuk mengulang dan lebih bagus dan efisien biaya ya sekali tes langsung lulus.

Setelah kalian lulus dari seleksi awal, barulah menunggu pemanggilan pelatihan pra pemberangkatan tahap 1 di daerah, jika kalian dalam satu daerah yang lulus sampai kakunin atau tes bahasa jepang lebih dari 25 orang maka Pelatdanya dilaksanakan di daerah sendiri, tapi jika kurang dari itu maka harus mengikuti pelatda di daerah lain. Seperti penulis di daerah rekrut hanya 5 orang, maka harus ikut  pelatda di Yogyakarta.

Pelatda atau pelatihan pra pemberangkatan tahap 1 di daerah dilaksanakan selama 2 bulan dan 10 hari, dan jangan senang dulu.

Pelatda bukan tempat untuk bersenang-senang, disini akan banyak ujian dan cobaan terutama dari sisi mental dan disiplin serta fisik. kalian harus bangun jam 4 pagi joo... untuk persiapan sholat Subuh bagi beragama Islam yang kemudian dilanjutkan FMD (Fisik Mental Disiplin) berolahraga.

Di Pelatda akan menemui Sensei yang memiliki watak yang berbeda, ada yang galak (dan sudah tentu, karena ini pelatihan bukan rekreasi), ada yang baik (jangan disepelekan, orang baik bisa aja berubah 180 derajat jika kalian tidak bersikap dengan baik)

Disini kalian setelah belajar kurang lebih seminggu atau dua minggu akan melaksanakan Evaluasi satu (EVA 1) materinya Bab 1 sampai bab 12 dan tetap ada selipan materi dari bab atas, Eva 1 tetap akan menggugurkan jika tidak memenuhi standar. Diangkatan penulis ada sekitar 6 orang yang gagal memenuhi standar. So kalian harus belajar dengan giat dan jadikan orang tua sebagai motivasi dalam mengikuti program ini.

Sampai disini dulu tulisannya ya jo,saya harus mengerjakan  shukudai yang menumpuk.. hehe

Nanti akan dilanjut lagi..

Jangan lupa ikuti media sosial saya yaa

IG :@jokkajo_ 
FB : JokkaJo Dotkom (Jokkajo Dotkom 
Youtube : Jokka Jo (Jokka jo)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Gaya Hidup

+