Ternyata Ini Alasan Libur Sekolah Diperpanjang Hingga 11 Mei 2022

Libur sekolah diperpanjang, libur sekolah sd smp sma diperpanjang, jadwal masuk sekolah
JUSTICER NEWS MEDIA - Pemerintah memperpanjang masa libur di sejumlah sekolah di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Sejumlah sekolah dipepanjang masa liburnya menjadi sampai 11 Mei 2022.

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud-Ristek Anang Ristato menyatakan, pemunduran jadwal masuk sekolah sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

"Untuk itu, Kemendikbud-Ristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," kata Anang, dikutip dari detik.com, Kamis (5/5/2022).

Pengumuman pemunduran jadwal libur Lebaran ini sudah dikirimkan kepada siswa melalui pesan berantai ditujukan kepada orang tua murid pada hari Kamis, 5 Mei 2022.

"Kepada Yth. Bapak/Ibu Orangtua/Wali Siswa di tempat. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, mohon maaf Lahir dan Batin. Berdasarkan arahan Dirjen Paud Dikdasmen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bahwa masuk sekolah setelah libur Idulfitri semula dijadwalkan Senin, 09 Mei 2022, diundur menjadi Kamis, 12 Mei 2022. Adapun jadwal kegiatan pembelajaran sesuai surat dari sekolah tertanggal 19 April 2022. Demikian informasi ini kami sampaikan atas perhatian diucapkan terima kasih. Wassalamualaikum," begitu bunyi pesan berantai pengumuman salah satu sekolah kejuruan negeri di Cilegon kepada orang tua murid, dikutip Jumat (5/5/2022).

"Disampaikan dengan hormat, sehubungan dengan edaran dari Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan Kab. Serang, maka kami sampaikan informasi, bahwa yang tadinya masuk Sekolah setelah libur Lebaran Tgl 9 Mei 2022, diundur menjadi masuk sekolah Tgl 12 Mei 2022," begitu pengumuman salah satu sekolah TK negeri di wilayah Cilegon, dikutip Jumat (6/5/2022).

Sementara itu, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta membantah ada pengunduran waktu libur. Penetapan masuk sekolah disebutkan telah ditetapkan sejak lama.

"Yang jelas DKI sudah menetapkan jauh hari sebelumnya," Kepala Bagian Humas Disdik DKI Jakarta Taga Radja Gah dikutip dari detik.com, Kamis (5/5/2022).

Dia menegaskan kebijakan soal libur sekolah di DKI telah ditetapkan hingga 11 Mei 2022.

"Tidak ada pengunduran waktu libur. Memang DKI Jakarta menetapkan kebijakan libur itu sampai 11 Mei," ujarnya.

Penetapan masuk sekolah tanggal 12 Mei mendatang telah telah diumumkan surat pemberitahuan, dengan nomor 13504/-1.851 yang ditandatangani pada 20 Januari 2022.

Surat tersebut berisi soal kegiatan akhir semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Di dalamnya juga dijelaskan soal libur Idul Fitri 1443 H yang ditetapkan tanggal 29 April hingga 11 Mei 2022.

"Jadi anak-anak belajarnya tanggal 12 Mei. Ini diterbitkan karena sesuai dengan standar pendidikan yang direncanakan dari awal tahun pelajaran," jelasnya.

Sebagai informasi, dikabarkan sekolah di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jabar diperpanjang selama tiga hari. Kebijakan itu, pihak Kemendikbud-Ristek menjelaskan untuk mengurai arus balik setelah lebaran.

"Kemendikbud-Ristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek," ujar Anang.

Sekolah Swasta

Namun, jadwal masuk sekolah usai libur Lebaran 2022 ternyata berbeda untuk sekolah tertentu atau sekolah swasta. Terpantau, untuk siswa sekolah swasta di wilayah Bekasi, Jawa Barat, masa libur hanya sampai 8 Mei 2022. Siswa kembali aktif mengikuti kegiatan belajar di sekolah mulai 9 Mei 2022.

Begitu juga siswa sekolah swasta di wilayah Cilegon, hanya mendapat masa libur Lebaran 2022 sampai 8 Mei 2022. Siswa harus kembali mengikuti kegiatan belajar mulai 9 Mei 2022. Hingga berita ini ditayangkan, belum ada perubahan jadwal libur sekolah swasta di wilayah Bekasi dan Cilegon tersebut.

Photos

Sumber : CnbcIndonesia

Related :

Featured Section

featured/recent

Simple Grid

6/sgrid/recent